Unusa Masuk 10 Kampus PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometric 2023
  • Selasa, 01 Agustus 2023
  • 10 bulan lalu
artikel

JawaPos.com–Lembaga pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities (Webometrics) baru saja merilis peringkat universitas di seluruh dunia per Juli.

Berdasar pemeringkatan tersebut, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menempati 10 kampus PTS terbaik di Indonesia, dan peringkat 38 PTN/PTS di Indonesia.

10 PTS terbaik itu adalah Telkom University, Universitas Bina Nusantara, Universitas Muhammadiyah Jogjakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Mercu Buana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Achmad Dahlan Jogjakarta, Universitas Guna Darma, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Uunusa), dan Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Raihan itu disambut baik pimpinan dan sivitas akademika Unusa. Wakil Rektor 1 Unusa Profesor Kacung Marijan mengungkapkan, Webometrics memiliki sejumlah indikator dalam penilaian universitas terbaik tersebut. Yakni impact, openness, dan excellence.

Impact, dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar. Openness, dinilai dari jumlah file berbagai jenis yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Excellence, dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiah.

”Tujuan pemeringkatan tersebut untuk mempromosikan publikasi, keterbukaan akses, akses ilmiah, dan materi akademis lainnya,” ungkap Kacung Marijan, Minggu (30/7).

Alumnus S-3 di Australian National University itu menambahkan, capaian itu dinilai tidak lepas dari kerja keras seluruh pihak. Kacung Marijan mengajak sivitas akademika Unusa menjadikan capaian itu untuk motivasi terus berbenah dan melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka meraih peringkat yang semakin baik.

Dia mengingatkan, pemeringkatan bukan tujuan. Sebab tujuan pokoknya adalah terus berusaha memperbaiki kualitas diri secara terus menerus agar Unusa menghasilkan lulusan yang berkualitas. Pemeringkatan merupakan salah satu implikasi dari usaha memperbaiki diri.

”Webometrics merupakan sistem pemeringkatan internasional yang menilai dampak konten website dan publikasi penelitian pada perguruan tinggi di dunia. Penilaian tersebut berguna untuk menyebarluaskan akses pengetahuan yang dihasilkan Unusa. Tetapi, yang paling penting adalah Unusa terus memperbaiki diri,” ungkap Kacung Marijan.

Koordinator Tim Pengelola dan Penyelarasan Website Unusa Mursyidul Ibad mengungkapkan, itu merupakan hasil dari kerja bersama seluruh civitas akademika dan elemen di Unusa. Ada beberapa hal yang masih menjadi pekerjaan rumah (PR) untuk diselesaikan dari hasil pemeringkatan tersebut.

”Hasil yang kita capai juga buah dari masuknya Unusa ke dalam salah satu dari 59 PTN/S di Indonesia di list scimago pada 2023. Hampir semua indikator menunjukkan kenaikan signifikan. Baik dari segi Impact, Openness, dan Excellence,” ungkap Mursyidul Ibad.

Komentar Terbaru


Anda perlu login untuk memberikan komentar