Pelajar SMA Perlu Punya Soft Skill

  • 5 Oktober 2022 11:50
  • 10 menit lalu

Rangkaian kegiatan Hello Campus Jawa Pos 2022 telah selesai terselenggara, Minggu (16/10). Hari terakhir pameran pendidikan yang berlangsung di Convention Hall Tunjungan Plaza 3 itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi. Dalam kesempatan tersebut, dia menekankan pentingnya soft skill bagi pelajar.

”Kompetensi keahlian tidak hanya untuk pelajar SMK, tapi juga SMA. Sebab, lulusan SMA yang melanjutkan pendidikan hanya 37 persen. Kalau memiliki kompetensi keahlian tertentu, ini bisa jadi bekal bekerja,’’ ungkapnya.

Dalam upaya meningkatkan soft skill pelajar di Jawa Timur, digelar SMA Awards yang bekerja sama dengan Hello Campus Jawa Pos. Pada tahun ke-4 pelaksanaannya, terdapat 35 kategori lomba akademik dan nonakademik yang diikuti 11.230 pelajar dari 879 sekolah negeri dan swasta.

”Saya harap event ini akan menggugah para siswa SMA untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di mana pada acara ini ada 50 kampus lebih yang ikut memamerkan kampusnya,’’ ujar Wahid. Terlebih dengan adanya program kampus merdeka yang memberikan kebebasan belajar.

Direktur Utama Jawa Pos Koran Leak Kustiyo menuturkan, paradigma lama bahwa belajar harus di dalam kelas sudah harus mulai diubah. ”Untuk menjadi masyarakat yang berpikiran terbuka, salah satu jalannya melalui pendidikan. Sekarang sudah banyak persentase SKS yang perlu dirampungkan dengan soft skill,’’ ujarnya.

Leak berharap, pameran pendidikan dan ajang SMA Awards dapat menjadi upaya membentuk individu yang adaptif terhadap perkembangan zaman. ”Kita bangun karakter, attitude, culture, dan soft skill hebat yang bisa memajukan Indonesia di masa mendatang,’’ jelasnya.