Daftar 5 Kampus Terbaik dan Populer di Korea Selatan
  • Selasa, 01 Agustus 2023
  • 10 bulan lalu
artikel

JawaPos.com - Kuliah ke luar negeri memang memberikan pengalaman tersendiri. Tak hanya mengenyam pendidikan, tapi juga bisa belajar hal baru, budaya setempat, dan kebiasaan masyarakatnya. 

Salah satu negara yang bisa dituju untuk melanjutkan pendidikan adalah Korea Selatan. Menjadi negara penyalur K-pop dan K-drama membuat negara ini populer di kalangan dunia bahkan peminat kuliah. Hal tersebut menjadi ketertarikan sendiri bagi mereka.

Untuk kuliah di Korea Selatan, kalian juga perlu beberapa pilihan universitas terbaik dan terpopuler. Dilansir dari Times Higher Education pada Sabtu (29/7), berikut adalah lima universitas terbaik dan populer di Korea Selatan 2023.

Universitas Nasional Seoul
Di urutan pertama universitas terbaik Korsel adalah Universitas Nasional Seoul (Seoul National University). SNU mendapatkan urutan peringkat ke-11 tingkat Asia, ke-44 tingkat reputasi dunia dan peringkat ke-6 tingkat universitas dunia.

SNU berlokasi di kota Seoul dan didirikan pada 22 Agustus 1946. Kampus ini sangat populer sehingga dinobatkan sebagai Universitas paling bergengsi di Korea Selatan. SNU memiliki tiga letak kampus, kamus utama di Distrik Gwanak dan dua lainnya di Daehangno dan Pyeongchang.

Universitas Yonsei

Universitas Yonsei adalah universitas kristen swasta yang berada di Seoul. Berdiri sejak 1885 membuat kampus ini menjadi kampus tertua di Korea selatan dan menjadi urutan kedua universitas terbaik Korsel. Tidak hanya itu, kampus ini juga menjadi salah satu kampus swasta terfavorit dan menjadi peringkat ke-78 tingkat universitas dunia. Kampus ini memiliki dua lokasi kampus, kampus utama di Seoul dan kampus kedua di Wonju.

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST menjadi urutan ketiga universitas terbaik Korsel setelah SNU dan Yonsei University. KAIST adalah Institut Sains dan Teknologi Tingkat Lanjut Korea yang berlokasi di Daejeon dan didirikan pada 1971. KAIST menjadi institut pertama yang khusus berorientasi pada sains dan teknologi. KAIST juga menjadi salah satu kampus bergengsi di Korsel.

Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

POSTECH berdiri sejak 1986 dan berlokasi di Pohang. Sama seperti KAIST, POSTECH juga berlatar belakang tentang sains dan teknologi. Faktanya, POSTECH telah menjadi urutan keempat dalam daftar kampus terbaik di Korsel dan menjadi urutan ke-14 dalam peringkat universitas muda 2023.

Universitas Sungkyunkwan (SKKU)
Peringkat kelima universitas terbaik Korea Selatan adalah Universitas Sungkyunkwan. Biasa disebut dengan Songdae, kampus ini terletak di Seoul dan Suwon. Didirikan pada 1398 oleh Dinasti Joseon, kampus ini menjadi institusi kode administrasi negara. Kampusnya di Seoul menjadi kampus Humaniora dan Ilmu Sosial, sedangkan di Suwon menjadi kampus Sains. Selain itu, SKKU juga menawarkan MBA Global yang telah mendapat pengakuan internasional. Bahkan juga memiliki program ganda dengan beberapa universitas ternama dunia.

Komentar Terbaru


Anda perlu login untuk memberikan komentar